Wednesday, March 10, 2010

Mata Minus Tinggi = Operasi Caesar

Hari ini gw pergi mengantar Istri untuk cek ke Dokter Ophthalmologist (Mata), karena dirujuk oleh Dokter Obgyn (Kandungan) untuk melakukan cek mata (Retina) terlebih dahulu, pasalnya Ibu hamil dengan mata minus tinggi (di atas 5.00) berpeluang melahirkan Bayi dengan operasi Caesar, karena dalam kehamilan normal dikhawatirkan dapat merobek Retina mata.

Kami melakukan cek mata di Jakarta Eye Center, dilayani oleh Dr. Referano Agustiawan, sebelumnya dilakukan pemeriksaan oleh RO sebelum diperiksa oleh Dokter, perlu diketahui Blogger, kalau Ibu hamil itu ukuran minus matanya bisa bertambah hingga 1.00 pada saat kehamilan, dan akan menurun ke minus normal setelah kelahiran. Contohnya Istri gw memiliki minus kiri 7.00 kanan 7.00, pada saat kehamilan minus dia bertambah jadi minus kiri 8.00 kanan 7.00, artinya mata kiri ada kenaikan 1.00 sedangkan kanan tetap, hal ini dibenarkan oleh Dr. Referano Agustiawan, pada Ibu hamil perubahan hormon dapat mempengaruhi minus pada mata. Setelah diperiksa, syukur Alhamdulillah Istri gw direferensikan boleh melakukan melahirkan normal. Dr. Referano Agustiawan menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian khusus yang membuktikan bahwa minus tinggi tidak dapat melahirkan dengan cara normal.

Sempat kami menanyakan juga, apakah dengan cara makan Wortel atau minum jusnya dapat mengurangi minus pada mata, Beliau menjawab kalau Wortel tidak dapat menurunkan minus pada mata, malainkan dapat menguatkan organ-organ pada mata atau menjaga mata itu sendiri dari penambahan ukuran minus.

Kesimpulannya, kami masih butuh second opinion dari Dokter Mata lainnya, paling tidak 1 Dokter lagi, agar kami yakin bahwa lahir normal bisa aman. Bagi Blogger yang juga punya super-experience, harap sharing di Blog ini, karena sangat membantu kami dalam memilih kelahiran dengan cara normal maupun operasi Caesar.

Terima kasih Blogger.

3 comments:

  1. syukur alhamdulillah... masih ada harapan untuk bisa melahirkan secara normal, yg terpenting konsultasikan dulu dengan dokter mata sebelum memutuskan utnuk melahirkan secara normal ataupun caesar. mau bagaimanapun proses melahirkannya, yg terpenting ibu dan anaknya selamat...

    ReplyDelete
  2. Bang...itu matanya sapa ya? kayaknya bukan matanya feby deh...

    xixixixi...

    Alhamdulillah,akhrnya feby punya peluang buat lahirin normal ya..... mudah2an apapun jdnya melahirkannya,baik feby dana baby-nya baik - baik n sehat2 aja ya....

    ReplyDelete
  3. Makasih Lisa, mudah-mudahan aja Ibu dan Bayinya bisa sehat, selamat dan melahirkan dengan normal.
    Itu matanya siapa juga gw ga tau Lis, ambil aja buat ditaro disitu.
    Thanks.

    ReplyDelete